Rab. Sep 28th, 2022

[Modul] Pelatihan untuk Masyarakat Sipil pada Isu Lingkungan dan Keterbukaan Informasi Publik

1 min read

Papua merupakan salah satu provinsi paling timur Indonesia. Pemenuhan HAM , kebebasan berekspresi dan keterbukaan informasi di sektor lingkungan hidup menjadi salah satu permasalahan yang tak kunjung selesai. Perlu satu modul dan pelatihan yang ditujukan bagi mereka yang menjalankan advokasi di sektor perlindungan lingkungan hidup dan sumber daya alam dan pendalaman dalam isu keterbukaan informasi dan kebebasan berekspresi.

Papua menjadi salah satu provinsi yang kini menjadi sasaran pembangunan, yang tentu saja sangat berpotensi akan bersoal dengan lingkungan hidup dan hak warga setempat. Peran masyarakat sipil tentu sangat penting untuk menjamin pembangunan tidak justru merusak lingkungan hidup dan masa depan warga .  Di sisi lain masyarakat sulit melakukan fungsi kontrol, terlebih untuk mendapatkan akses terhadap informasi yang dikuasai pemerintah atau pejabat pengelola informasi dan dokumentasi.

Untuk itu perlu dilakukan upaya pelatihan kepada masyarakat sipil di Papua untuk meningkatkan pemahaman dan kapasitas mereka. Khususnya dalam kerja-kerja masyarakat sipil pada isu hak atas lingkungan hidup dan hak asasi manusia. Guna memudahkan proses pelatihan disusunlah satu modul ajar guna meningkatkan kapasitas masyarakat khususnya dalam kerja-kerja pada isu hak atas lingkungan hidup dan hak asasi manusia. Namun tentu panduan ini juga dapat digunakan oleh organisasi lain yang memiliki perhatian khusus terhadap komunitas.

Modul digital dapat di-unduh secara gratis di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.