Rab. Jun 23rd, 2021

defending press freedom

E-Book : Merekam Perjuangan Pembela Lingkungan

2 min read

Kebebasan berekspresi merupakan hak mendasar yang dijadikan landasan bagi pembela HAM untuk memperjuangkan dan mempromosikan HAM. Kebebasan berekspresi di Indonesia dijamin dalam berbagai peraturan, baik dalam konstitusi Undang-Undang Dasar sampai pada peraturan di bawah undang-undang. Namun pada penerapannya, masih berulang kasus-kasus kekerasan yang dialami para aktivis pembela HAM. Seperti a) intimidasi, b) ancaman, c) kriminalisasi bahkan d) pembunuhan yang mengarah pada para aktivis pembela HAM di sektorlingkungan. Secara khusus, kekerasan serupa juga dialami jurnalis karena pemberitaan. Pelaku dalam melakukan upaya kekerasan menyasar siapa saja, baik laki-laki, perempuan maupun gender yang lain.

Melalui program beasiswa liputan ini, diharapkan peserta dapat merekam kasus-kasus kekerasan yang dialami aktivis pembela HAM, termasuk jurnalis di sektor lingkungan, dengan metode reportase in-depth reporting. Peserta mengulas satu kasus tertentu dari banyak sisi. Seperti pengaruh perjuangan seorang sosok pembela HAM yang mampu mempengaruhi komunitas lingkungannya.

Setelah melalui seleksi yang ketat serta mentoring proses kerja jurnalistik agar patuh pada kode etik, kami memilih 10 (sepeluh) karya jurnalistik terbaik. Sepuluh karya jurnalistik ini merekam berbagai perjuangan para pembela hak asasi manusia di sektor lingkungan hidup, bagaimana mengorganisir masyarakat, peran perempuan dalam advokasi dan lain-lain. Seluruh karya yang terkumpul kami rangkum dalam buku “Merekam Perjuangan Pembela Lingkungan”  unduh [di sini]

Melalui dokumentasi perjuangan ini, diharapkan menambah khazanah pengetahuan kita bersama tentang betapa pentingnya perlindungan untuk pembela hak asasi manusia dan menambah pengetahuan kita tentang berbagai macam strategi advokasi yang bisa dilakukan dalam mempertahankan hak atas lingkungan hidup.

Atas nama Lembaga Bantuan Hukum Pers kami mengucapkan terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada para jurnalis yang berjibaku menghadapi medan liputan karena kita mengetahui bersama liputan lingkungan hidup apalagi di masa pandemi sangatlah tidak mudah, sehingga selesainya karya jurnalistik ini merupakan capaian yang perlu kami apresiasi.  Kami juga mengucapkan terimakasih kepada Sdr Irvan yang setia menjadi mentor para jurnalis, Kemitraan Partnership yang telah mendukung terbitnya buku ini.

Terimakasih


Unduh E-book “Merekam Perjuangan Pembela Lingkungan” [di sini]

Tinggalkan Balasan