LBH Pers Terlibat Dalam Pembentukan Jaringan Advokat Regional Advocates for Freedom of Expression Coalition-Southeast Asia (AFEC-SEA)

Pada tanggal 26 Juli 2017 pengacara dari LBH Pers telah mengikuti rapat bersama jaringan Advocates for Freedom of Expression Coalition-Southeast Asia. Agenda dalam rapat tersebut adalah membangun advokasi bersama terkait dengan isu kebebasan berekspresi di tingkat ASEAN.

Advocates for Freedom of Expression Coalition-Southeast Asia yang disingkat dengan nama AFEC SEA, secara resmi pada tanggal 27 September 2015. AFEC SEA telah mendeklarasikan CEBU Declaration yang menyatakan bahwa hak kebebasan berekspresi adalah sebagai fundamental rights dan sangat penting untuk wilayah ASEAN. Keanggotaan AFEC SEA terdiri dari Advokat, Organisasi Avokat dan NGO yang peduli terhadap perlindungan dan promosi terhadap hak asasi manusia khususnya hak atas kebebasan berekspresi. Adapun saat ini yang terlibat aktif di dalamnya adalah LBH Pers (Indonesia), ICJR (INdonesia), Center Law (Filipina), Rights and Bussines (Kamboja), Empower (Malaysia), Thai Lawyer for Human Rights (Thailand), Myanmar Lawyer Network (Myanmar), Myanmar Media Lawyer Network (MMLN), Philipine Internet Freedom (Filipina) and iLaw (Thailand).

AFEC SEA sepakat akan mengadvokasi kebebasan berekspresi dengan melakukan langkah litigasi strategis maupun non litigasi, mengembangkan prinsip kebebasan berekspresi sebagaimana standar dalam hukum hak asasi manusia, dan monitoring pelanggaran HAM khususnya hak kebebasan berekspresi di wilayah ASEAN.

LBH Pers berharap dengan terlibatnya di dalam Advocates for Freedom of Expression Coalition-Southeast Asia (AFEC SEA) semakin memperkuat langkah advokasi baik nasional, regional maupun internasional.

 

Jakarta, 02 Agustus 2017

Lembaga Bantuan Hukum Pers

 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: